Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Selasa, 15 Agustus 2023, Agustus 15, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-15T01:05:21Z
KAMPAR

HUT Ke-31 Desa Tambusai Di Hadiri Pj. Bupati Kampar

 


Tambusai, Rumbio Jaya - Suaradaerahnews.Com

Memasuki usia Ke-31 Desa Tambusai Kecamatan Rumbio Jaya gelar Do'a Bersama bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala pencapaian yang telah diraih selama ini. Bertempat di Stadion Mini Desa Tambusai, Pj. Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM hadir sebagai tamu kehormatan dalam perhelatan Hari Jadi Desa Tambusai ini, Senin (14/8).


Didampingi oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Lukmansyah Badoe, Camat Rumbio Jaya Ramzi dan Mantan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Pj. Bupati Kampar disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Tambusai Krido Kawal Basuki bersama seluruh Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Pemuka Adat dan masyarakat Desa Tambusai. Dalam perhelatan Do'a bersama dalam Rangka Hari Jadi Desa Tambusai ini, juga mendatangkan Kyai Ahlchmad Sirajul Munir, MSR selaku Khodimul Majelis Ghafilin Riau dari Pekanbaru yang bertindak langsung sebagai Penceeamah dan Pembimbing Do'a Bersama ini.


Bersempena dengan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023, Hari jadi kali ini Desa Tambusai mengusung Tema " Menoleh Masa Lalu, Merajut Masa Kini, Tumbuhkan Cinta Kepada Desa Tambusai" dengan bertujuan segala upaya yang dilakukan dapat mengusung Desa Tambusai semakin maju dan mandiri. Selain sebagai meriahkan Hari Jadi Desa, Do'a Bersama ini juga ditaja sebagai rasa syukur atas berhasilnya Desa Tambusai menjadi juara pada Lomba Status Perkembangan , Kemajuan, Kemandirian Desa Tingkat Kabupaten Kampar  Kategori Desa Maju. Suatu pencapaian yang luar biasa yang telah mampu diraih oleh sebuah Desa yang berada di wilayah Kecamatan Rumbio Jaya.


"Desa maju juga disebut Desa Pra-Sembada ditandai dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, peningkatan infrastruktur, aksesibilitas, memiliki potensi sumber daya sosial dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan serta kemandirian dalam mengelola sumber daya manusia dan alam, inilah hal besar yang menjadikan Desa Tambusai ini berhak menjadi Juara dalam perlombaan desa Kategori Desa Maju" demikian dikatakan Firdaus yang disambut tepuk tangan yang gemuruh oleh seluruh masyarakat yang hadir.


Ditambahkan oleh Pj. Bupati Kampar "Pemberian kesempatan bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi merupakan salah satu komponen untuk mencapai pembangunan yang intensif. Tanpa dukungan dan partisipasi penduduk maka pembangunan tidak akan berhasil. Hal ini karena hakekat pembangunan desa dilakukan oleh masyarakat bersama-sama pemerintah terutama dalam memberikan bimbingan, pengarahan, bantuan pembinaan, dan pengawasan agar dapat ditingkatkan kemampuan masyarakat dalam usaha menaikan taraf hidup dan kesejahteraannya"

Desa maju dan mandiri juga mampu harus memberikan pelayanan publik yang berkualitas, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan.


 Desa Mandiri juga harus mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.


Disisi lain Camat Rumbio Jaya juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabuparen Kampar dan Pemerinrah Kecamatan terus berupaya menggali potensi daerah, melalui berbagai kebijakan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi serta mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi khususnya di desa. Dikesempatan yang sama juga Kepala Desa Tambusai juga mengatakan bahwa kegiatan ini akan terus menjadi agenda tahunan di Desa Tambusai ini.


Acara Hari Jadi Desa Tambusai ini juga ditandai dengan Pemotongan Tumpeng oleh  Kepala Desa dan serahkan langsung kepada Pj. Bupati Kampar, dilanjutkan dengan pembagian hadiah-hadiah perlombaan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang telah dilaksanakan di Desa Tambusai beberapa hari lalu.(Rus)