Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Rabu, 03 Juli 2024, Juli 03, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-03T06:39:03Z
PEKANBARU

Bersama Pj Gubernur Riau, Pj Bupati Kampar Luanching Pelayanan Sertipikat Tanah Elektronik.

 


Pekanbaru - Suaradaerahnews.com

 Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN akan mengubah sertipikat tanah menjadi sertipikat elektronik yang disebut juga Sertipikat-el (sertipikat tanah elektronik).  Ini sesuai Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penerbitan Dokumen Elektronik dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah. 


Dalam sertipikat tanah elektronik nantinya akan menggunakan hash code, QR Code, single identity, serta akan dijelaskan ketentuan penggunaan sertipikat elektronik dari kewajiban dan larangannya, menggunakan tanda tangan elektronik serta bentuk Dokumen Cetak. 


Ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam penggunaan sertipikat tanah maupun keamanan dan penyimpanan. 


Demikian Disampaikan oleh Pj Bupati Kampar Hambali SE, MBA, MH usai melaunching pelayanan Sertipikat Elektronik sekaligus Implementasi dan sosialisasi penerbitan Sertipikat Elektronik pada 10 Kantor Pertanahan di Provinsi Riau yang diadakan di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, 03/07. Dari 10 Kantor Pertahanan tersebut salah satu diantaranya diikuti oleh Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Kampar, hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Riau, Para Bupati /Walikota Se Provinsi Riau, Pimpinan Perbankan di Riau dan para pejabat ATR /BPN Riau dan Kabupaten Kota se Provinsi Riau. 


Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar Hambali SE, MBA, MH menerima langsung secara simbolis surat elektronik dari Pj Gubernur Riau. 


Ditambahkan Pj Bupati Kampar dengan sertipikat elektronik yang tersimpan di database, masyarakat pemilik tanah bisa mencetak sertipikat miliknya kapan saja dan di mana saja.  Keamanan juga dapat dijamin karena seluruh proses pengamanan informasi menggunakan teknologi persandian seperti kriptografi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan pelayanan ini sudah sama dengan KTP online" Ujar Hambali.


"Ini menghindari resiko dari dimakan rayap, basah, Pencurian, kebakaran, kehilangan maupun disalahgunakan sehingga merugikan pemilik tanah, dengan pelayanan ini makin Efektif dan Efisien karena dapat digunakan kapanpun dan dimana pun, dan ini transformasi di era digital yang berbasis Aplikasi dan ini sudah dilakukan di Kabupaten Kampar " Tutup Hambali yang didampingi Kepala BPN Kampar Dedi Kurniawan dan Staf Ahli Bupati Kampar Bidang Kamasyrakatn dan SDM Riadel Fitri. 


Sementara itu Gubernur Riau SF Haryanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kantor Wilayah Badan Pertanahan  Nasional Provinsi Riau atas prestasi ini, tentunya ini sangat membantu terutama Pemerintah dalam pelayanan kepemilikan surat tanah atau sertipikat tanah. 


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Bupati dan Walikota yang telah mensupport dan mendukung program Nasional ini, terutama kepada Pj Bupati Kampar yang hadir langsung pada kegiatan penting ini" Puji SF Haryanto. 


Sementara itu Kepala Kantor Wilayah BPN /ATR Provinsi Riau Nurhadi Putra  A. Ptnh, M. M dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan transformasi analog ke elektronik dimulai 4 Desember 2023 oleh presiden RI. Oleh sebab itu di Provinsi Riau implementasi di Mulai Launching di Kota Dumai 29 April 2024 dan di Kota Pekanbaru baru - baru ini. dan hari ini akan kita Launching lagi di 10 Kantor Pertanahan di Riau " Kata Nurhadi Putra. (Amanah )