Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Sabtu, 29 Juni 2024, Juni 29, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-29T09:50:06Z
Rokan Hilir

Pj Penghulu Ns. Nizar, S.Kep., "Alhamdulillah, Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Dari DD Tahap 1 Tahun 2024 Di Kepenghuluan Teluk Pulai Sudah Selesai Dan Berjalan Sesuai Waktu.

 


 Panipahan,Rohil - Suaradaerahnews.com

Program Dana Desa (DD) menjadi bagian penting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Peruntukan prioritas penggunaan dana desa yang terarah dan terukur dapat menjadi instrumen untuk meningkatkan pembangunan di desa yang terisolasi dan terisolir.


Beranjak di sebuah desa atau salah satu di kepenghuluan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau yang telah merealisasikan sejumlah kegiatan pembangunan yang bersumber dari dana desa (DD) tahap I tahun 2024 tanpak sukses berjalan dengan baik.


Salah satunya di Kepenghuluan Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Rohil. Dimana Pemerintah Kepenghuluan setempat saat ini telah menjalankan sejumlah kegiatan di bidang pembangunan yang bersumber dari DD tahap I tahun 2024.



Mesti jauh berada dari pusat ibukota Rohil, dibawah estapet kepemimpinan Pj Penghulu Ns. Nizar, S.Kep yang diberi amanah oleh Bupati Rohil sejak 21 Maret 2021 lalu, Wilayah desa tersebut kini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat berkat kucuran DD tahap awal tahun 2024 yang menyasar langsung ke perbaikan pembangunan infrastruktur sekala prioritas di desa.



"Alhamdulillah, sejumlah kegiatan prioritas pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana desa tahap awal tahun 2024 di Kepenghuluan Teluk Pulai sudah selesai berjalan sesuai waktu, sehingga manfaatnya sekrang telah dirasakan langsung oleh masyarakat,” Kata Pj Penghulu Teluk Pulai Ns. Nizar, S.Kep., Sabtu (29/06/2024).



Nizar mengakui ada banyak menerima laporan dan keluhan masyarakat setempat terkait jalan yang rusak parah di desanya tersebut namun hal itu telah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten untuk dapat segera dapat segera di perbaiki.


“Jalan di Teluk Pulai ini sudah banyak yang roboh, rusak berat, anak anak kesekolah susah, aktivitas masyarakat terganggu, mau dianggarkan ke DD tidak mampu, hal ini sudah kita sampaikan kepada Pemda Rohil, alhamdulillah Bupati Afrizal Sintong sangat respon dengan keluhan masyarakat, mudah mudahan dalam waktu dekat terealisasikan,” Harap Nizar.



Pj Penghulu Teluk Pulai itu mengakui kemampuan anggaran dana desa tahap I skala prioritas yang telah direalisasikan di bidang pembangunan yang bersumber dari Dana Desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2024 di Kepenghuluan Teluk Pulai diantaranya kegiatan Pembangunan Pelantaran Beton Jalan Telkomsel, Dusun 03 (Dua Desa), Pembangunan Pelantaran Beton Jalan Poros Dusun 10 (Tambusai) dan Pembangunan Tangkahan Nelayan Jalan Poros Dusun 18 (Kampung Baru).



Kegiatan realisasi Jalan Pelantaran tersebut merupakan salah satu akses jalan desa yang sudah diharapkan perbaikannya oleh masyarakat setempat yang mana jalan utama masyarakat dalam Beraktifitas sehari-hari


Disampaikan Pj Nizar bahwa dalam pengerjaannya, Pemerintah Kepenghuluan melibatkan dan memperdayakan masyarakat desa, hal tersebut secara tidak langsung membantu masyarakat desa untuk mendapatkan penghasilan sebagaimana telah di amanatkan ketentuan Arah Kebijakan Prioritas Dana Desa Nomor 7 Tahun 2023 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 yang merupakan pengerjaan dilakukan dengan Sistem Padat Karya Tunai (PKT).



Penghulu Teluk Pulai Ns.Nizar, S.Kep juga ikut menyampaikan informasi mengenai Pembangunan jalan dapat dilihat di papan informasi kegiatan dan telah selesai dibangun Sesuai dengan Waktunya, Saya juga berharap kepada masyarakat Kepenghuluan Teluk Pulai Khususnya bisa merawat bangunan Pelantaran Beton agar bangunan bisa awet nantinya.


” Jika akses jalan desa baik, tentu memberikan manfaat yang besar bagi warga sebagai pendukung peningkatan kesejahteraan yang memberi kontribusi untuk kemajuan desa lebih baik, inilah bentuk komitmen kami selaku pemerintah Desa yang mana ini merupakan tanggung Jawab kita bersama yang telah diamanatkan oleh Bupati Rokan Hilir beberapa waktu yang lalu kepada Seluruh Penghulu Se Kabupaten Rokan Hilir, dan Kami siap bekerja serta mendukung Program dan arahan Bupati dalam memajukan daerah khususnya mempercepat pembangunan,” Sebutnya.



Selain itu, Nizar menyampaikan pihak juga telah merealisasikan Pembangunan Tangkahan Nelayan yang berlokasi di Jalan Poros Dusun 18 (Kampung Baru) karena mayoritas Penduduk Teluk Pulai berprofesi Sebagai Nelayan dan juga sebagai upaya kita mendukung program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan, dan harapannya masyarakat setempat dapat memanfaat kannya sebaik baiknya.


“Di lain sisi, tentunya masih banyak pembangunan yang masih diharapkan Oleh masyarakat, kita melihat banyak Jalan Jalan Utama di Kepenghuluan Teluk Pulai yang roboh tentunya ini tidak sedikit memakan Biaya, Kami pemerintah Desa Berharap Kepada Pemerintah Kabupaten Agar jalan jalan ini bisa di lakukan Perbaikan Secepatnya,” Kata Nizar.


Keadaan Keuangan Dana Desa Di Teluk Pulai Sudah di alokasi pada titik titik yang menjadi Prioritas pada saat Musrenbangkep, dan besaran Dana Desa tidak mampu lagi membangun itu semua.



"Saya berharap masyarakat bersabar mudah mudahan ada perhatian khusus untuk Kepenghuluan Teluk Pulai, karena beberapa waktu lalu Bupati Rokan Hilir, sudah memberikan harapan kepada kita melalui usulan masyarakat yang disampaikan beberapa waktu lalu, ada beberapa ruas jalan yang akan dibangun, Mudah-mudahan ini dapat terealisasi pada tahun ini,” Terang dia.


Nizar ikut menyampaikan, ucapkan ribuan terima kasih kepada Bupati Rokan Hilir yang memberikan harapan buat kita smua, Kita doakan semoga beliau sehat selalu dan sukses menjalankan aktifitasnya sehari-hari.


Dibidang lain Pj Penghulu Teluk Pulai juga menyampaikan sudah Merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Untuk Bulan Januari s/d Mei 2024.



"Mudah mudahan ini bisa membantu meringankan beban Hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan juga kegiatan kegiatan lainnya,” pungkasnya.(L W)