Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Minggu, 09 Juni 2024, Juni 09, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-09T09:27:37Z
KAMPAR

KPU Kampar Luncurkan Maskot Pilkada 2024,Ini Makna Sikowan Yang Sarat Filosofis Lokal

 


Bangkinang -Suaradaerahnews.com

Peluncuran tahapan pilkada Kmapad 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Bangkinang (15-06-24) berjalan dengan sukses, ribuan masyarakat menyaksikan peluncuran yang ditandai dengan peneknan tombol bersama ini oleh Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan M.Pd , Ketua KPU Kampar Andi Putra, Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar dan para forkopimda lainnya. 



Ketua KPU Kampar Andi Putra saat peluncuran menjelaskan, Maskot Si Kowan merupakan hasil terbaik dari sayembara yang dilakukan KPU Kampar, Sayembara ini juga berlaku untuk mencari jingle. "Baik dalam maskot maupun Pilkada semuanya mengandung filosofis kearifan lokal Kampar" ujarnya. 


Si Kowan adalah penyebutan untuk burung Kuaghan, dengan singkatan Demokrasi Kampar  yang kondusif, berwibawa dan aman. 


Secara rinci disebutkan Burung Kuaghan atau Ungge Kuaghan melambangkan kekayaan khas fauna yang ada di kabupaten Kampar, yang menjadi perlambang persatuan dan kekerabatan yang erat yang dimiliki masyarakat Kampar. 


Selain itu Burung Kuaghan selalu hidup bersama dan berkelompok, menggambarkan Pilkada  yang menyatukan masyarakat Kampar dalam kebersamaan dan persatuan kokoh dalam perdamaian.


Keberadaan burung Kuaghan yang selalu bertahan dalam hutan dan rimba terdalam, menggambarkan komitmen dan keteguhan hati semua elemen di Kampar dalam pelaksanaan Pilkada yang bersih dan akuntable, yang mampu mengantarkan pemimpin ke depan dalam proses yang dipercayai semua pihak. Menjadikan Kampar negeri yang kuat, berdaya dan terus melaju menuju Indonesia Emas  2045..


Sarung dan peci yang dipakai Si Kowan melambangkan Kampar sebagai negeri yang agamis  dan religus, dengan adat bersandikan syarak dan syarak yang bersandikan Kitabullah. 


Dengan latar belakang rumah lontiok menggambarkan Pilkada Kampar senantiasa menjaga ada dan budaya yang ditopang kokoh eleman “tigo tunggu sajoanghan” yang merupakan paduan harmonisasi antara pemuka adat,  para ulama dan pemimpin daerah.


Dengan filosofi ini maskot Si Kowan mampu menjadi simbol dan menginspirasi persatuan, kebersamaan, partisipasi dan komitmen dalam pelaksanaan  Pilkada Kampar  2024  yang bersaudara, yaitu Bersih, Santun, Dinamis, Religius dan Akuntabel. ***