Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Minggu, 23 Juni 2024, Juni 23, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-23T04:08:38Z
Rohil

Ikut Memeriahkan, Bupati Afrizal Sintong Sebut Acara Event Nasional Bakar Tongkang sebagai Penunjang Ekonomi Masyarakat Rohil

 


 Rohil - Suaradaerahnews.com

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong beserta rombongan ikut serta dalam memeriahkan Acara Event Nasional Bakar Tongkang, Sabtu (22/06/2024) di Jalan Perniagaan, Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Rohil, Provinsi Riau.


Proses Ritual Bakar Tongkang di mulai dari Kelenteng Ing Hong Kiong di mana sebelum melakukan Ritual Bakar Tongkang, Etnis Tionghoa melakukan sembahyang. Selanjutnya para peserta Bakar Tongkang bergotong royong mengangkat Replika Kapal Tongkang dan diarak secara bergantian menuju ke lokasi Ritual Pembakaran Tongkang.



Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa Festival Bakar Tongkang telah masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di Provinsi Riau. Event nasional budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan dalam dan luar daerah setiap tahunnya ke Rohil. Disisi lain, pembakaran Tongkang ini juga konon katanya bertujuan agar kapal yang dibuat semegah itu tidak bisa dibawa pulang ke kampung asalnya kembali.



Bupati mengatakan bahwa pelaksanaan Festival Bakar Tongkang ini setiap tahunnya terlaksana berkat kekompakan Etnis Tionghoa, Pemkab Rohil serta campur tangan dari pengusaha sukses, yang tinggal di Jakarta namun tetap ingat kampung halamannya yakni Sugianto ataupun yang lebih dikenal dengan nama Raja Baut. "Kami atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Sugianto serta dinas-dinas terkait, semuanya ini tentunya telah kita persiapkan sejak lama, sehingga bisa berjalan sukses acara seperti apa yang kita lihat sekarang," ujar Bupati.



Bupati juga mengatakan bahwa kehadiran Warga Tionghoa dalam acara ini telah memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi ekonomi lokal, terutama dalam sektor perhotelan yang kini penuh. Terlebih lagi, kunjungan wisatawan dalam tahun ini sangat luar biasa, dari pendataan yang dilakukan di Bagansiapiapi ada 1.800 kamar hotel maupun penginapan dan semua penuh. "Bahkan para wisatawan banyak yang menyewa di rumah-rumah masyarakat di Bagansiapiapi, kita perkirakan ada puluhan ribu yang hadir hingga acara puncak Event Ritual Bakar Tongkang ini," ungkapnya.



Sekitar pukul 17:00 WIB, Bupati Afrizal Sintong bersama perwakilan Kemenpora, Kapolda Riau, Kasrem, Wakil Bupati dan Forkopimda menaiki Replika Kapal Tongkang sebelum dilakukan pembakaran. Lebih kurang 30 Menit Replika Tongkang tersebut pun habis terbakar. Di mana momen yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa pun tiba, kedua tiang tongkang jatuh kearah darat, yang mana berdasarkan kepercayaan Warga Tionghoa hal ini mengartikan rezeki tahun 2024 lebih banyak di darat.



Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Afrizal Sintong, Ketua TP PKK Ny. Sanimar Afrizal, Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenpora RI Fransiskus Handoko, Deputi Bidang Pembudidayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol. (Purn) Drs. Sufahriadi, Bupati Kampar Hambali, Bupati Bengkalis Kasmarani, Thamrin Kabagdoklit Baintelkam Mabes Polri Kombes Pol Bambang Sudarmadji, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Dandim 0321/Rohil Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Kajari Rohil Andi Adikawira, tokoh masyarakat Rohil dan Provinsi Riau serta berbagai unsur lainnya. (L W)