Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Minggu, 20 Agustus 2023, Agustus 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-20T15:52:05Z
KAMPAR

Gelar Seminar Adat Istiadat, Melalui Plt Kadis Pariwisata. Pj Bupati Kampar Lestarikan Adat Istiadat, Apresiasi Keberadaan (LPP- BAIK) Kampar

Bangkinang Kota - Suaradaerahnews.Com

Pj Bupati Kampar H Muhammad Firdaus,SE,MM yang diwakili Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Hambali, menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Budaya Adat Istiadat  Kampar (LPP - BAIK), minggu (20/8/2023).


Dalam arahannya, Hambali saat membuka Seminar Adat Istiadat Siompu Limpape Diuma Nan Godang, Seminar Musik Tradisional Logu Ocu serta sebelumnya Penampilan Basiacuong siswa LPP BAIK Kampar di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar Bangkinang Kota.


Hambali menambahkan, ini adalah cikal bakal budaya kampar akan terus dapat dilestarikan untuk anak cucu kita nantinya. Saya sangat berbahagia, karena yang saya cita-citakan hari ini terlihat adat kembali akan mulai bangkit."ucap Hambali".


Dalam acara ini, kita melihat adat kampar terlihat yang dimulai dengan silat, musik calempong serta tadi penampilan Basiacuong atau sisombau.


Terakhir, Hambali menyampaikan ucapan apresiasi dan terimakasuh. Maka atas nama pemerintah daerah kabupaten kampar akan memberikan Sertifikat penghargaan kepada LPP BAIK atas dedikasi telah hadir mengjadi motor dalam mengengembangkan kembali adat istiadat budaya di kampar.

Sementara itu Dewan Pembina LPP BAIK Kabupaten Kampar Syafizal,SE,MM menyampaikan bahwa LPP BAIK kampar sendiri baru berdiri lebih kurang tiga tahun dengan tema "Lestarikan Budaya Terus untuk Indonesia Maju" .


Namun demikian, allhamdullah telah banyak program dari LPP ini terutama program Basiacuong, Calempong, serta belajar tentang adat istiadat. Sampai saat ini, LPP BAIK Kampar telah menamatkan sebanyak 150 pelajar.


Sementara dalam seminar sendiri, Anggota DPRD Kampar tersebut mejelaskan bahwa sebagai narasumber Tentang Peran dan Fungsi Siompu Limpape Uma Nan Godang, bersama Narasumber Tuan Guru Dt Herman Pemangku Adat Kecamatan Salo, Siompu Widayati Melayu Pakar dan Pemerhati Budaya, Seminar Musik Tradisional Logu Ocu bersama Rizal Ocu dan Teti Liani (Gadi Ombun) dan David Hendra yang merupakan Ketua Dewan Kesenian Kampar (Rus).