Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Selasa, 13 Juni 2023, Juni 13, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-13T07:47:56Z
KAMPAR

Pj Bupati Kampar Buka Secara Resmi Sosialisasi dan Simulasi Penyelamatan Evakuasi Korban Kebakaran dan Non Kebakaran di Lapangan Damkar Kampar

 



Bangkinang Kota -  Suaradaerahnews.com

Pj Bupati Kampar membuka secara resmi pembukaan sosialisasi dan simulasi penyelamatan evakuasi korban kebakaran dan non kebakaran dilingkungan pemerintahan Kabupaten Kampar yang dilaksanakan di Lapangan Pos Pemadam Kebakaran Kabupaten Kampar. Selasa (13/6).


Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan bekal pengetahuan kepada petugas pemadam kebakaran khususnya tim rescue yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar, yang mana profesi ini merupakan profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan dari petugas yang melaksanakan misi penyelamatan yang terkandung misi sosial kemanusiaan  untuk menyelamatkan masyarakat Kabupaten Kampar. 


Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikn pengetahuan kepada masyarakat agar lebih tau apa saja selain melakukan pemadaman api, Damkar juga melakukan water rescue, animal rescue dan human rescue.


Turut hadir dan diikuti oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Hendry Dunan SP. MMA, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar dan selaku Ketua Tagana Kabupaten Kampar Fahmil SE. MM, Pejabat Eselon III dan IV Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar beserta seluruh peserta sosialisasi dan simulasi.


Sebelum membuka kegiatan sosialisasi ini Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE. MM mengucapkan selamat mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi penyelamatan evakuasi korban kebakaran dan non kebakaran, Beliau juga menyampaikan arahan kepada para peserta sosialisasi dan simulasi agar memiliki kinerja yang tanggap, tangkas dan tangguh sesuai slogan dari Pemadam Kebakaran “Pantang Pulang Sebelum Padam”. 


Kita tidak tau bencana kapan datangnya, oleh sebab itu diharapkan seluruh petugas dan personil di Damkar dan Penyelamatan ini selalu siap Siaga, dibutuhkan personil yang tangguh dan tanggap dalam menjawab tuntutan dan tanggung jawab kepada masyarakat " Kata Muhammad Firdaus SE.MM. 



Kami sangat mendukung dan mensupport dalam kemandirian tugas - tugas Penyelamatan karena sangat penting dan menyentuh langsung kepada masyarakat,  dalam memenuhi sarana dan prasarana, kami minta Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan untuk dapat menginventarisir kekurangan dan kebutuhan yang dianggap mendesak" Pinta Muhammad Firdaus saat temu ramah dengan petugas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Kampar. 


Selanjutnya Pj Bupati Kampar berharap agar para peserta sosialisasi dan simulasi ini agar bersungguh-sungguh dan dalam mengikuti kegiatan ini karena misi dari petugas dari damkar ini menyangkut keselamatan orang banyak dan  Pj Bupati Kampar berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dengan tujuan berkurangnya dampak kerusakan dan kerugian dari bahaya kebakaran. 


Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar Hendri Dunan, SP, MA menyatakan bahwa Sosialisasi dan Simulasi Penyelamatan  Evakuasi Korban Kebakaran dan Non Kebakaran diikuti oleh seluruh petugas Penyelamatan Kabupaten Kampar, harapan kita agar seluruh personil dapat memahami tugas pokok dan meningkatkan keahlian dan keterampilan personil. 


Ia juga menyampaikan sosialisasi ini di adakan selama sehari dengan mendatangkan pemateri dari damkar dan penyelamatan sendri serta dari Badan Sar Nasional (Basarnas) di Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah Kampar " Tutup Hendri Dunan yang didampingi oleh Sekretaris Syaifuddin, Para kabid dan Para Kasi di lingkup Damkar dan Penyelamatan.(Rus)