Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Rabu, 26 Juni 2024, Juni 26, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-26T13:56:52Z
KAMPAR

Tanam durian dan 1000 Pohon pada Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.Pj Bupati Kampar : “Selamatkan dan Jaga Alam Untuk Generasi kita dan Generasi Mendatang

 


Bangkinang - Suaradaerahnews.com

Alam merupakan sangat erat kaitannya dengan berbagai fungsi dalam kehidupan masyarakat, penyelematan alam akan memberikan dampak bagi seluruh aspek kehidupan begitu juga dari aspek sosial, kesehatan maupun aspek ekonomi.


“Untuk Penyelamatan lingkungan sangat penting keterlibatan dan partisipasi seluruh ummat manusia salah satunya dengan cara Generasi Restorasi yakni upaya untuk menyelaraskan dengan alam, membangun komunitas yang tangguh dan berkembang serta hidup berdampingan secara harmonis dengan lingkungan.”ucap Hambali


Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Kampar H Hambali SE, MBA, MH bersempena dengan Peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 yang jatuh pada setiap Tanggal 05 Juni.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kampar melaksanakan penanaman 1000 pohon yang diadakan di Kebun Raya Universitas Pahlawan Bangkinang. Rabu 26/06.


Pj Bupati Kampar memaparkan bahwa Hari lingkungan hidup sedunia ini diperingati berdasarkan pada keputusan majelis umum PBB pada tahun 1972 saat konferensi Stockholm. Peringatannya dilaksanakan secara mendunia serta pusat peringatannya dimandatkan kepada satu negara yang ditunjuk. Untuk tahun 2024 ini kerajaan arab saudi menjadi tuan rumah.


Hari lingkungan hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.


Pj Bupati Kampar Hambali yang langsung melakukan penanaman produktif Produktif Durian bersama dengan Rektor Universitas Pahlawan Bangkinang Prof. Dr. Amir Lutfi dan para tokoh dan mewakili instansi terkait saat membacakan Pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya berharap dengan penanaman ini menjadi tonggak bagi kita dalam Penyelamatan Alam Untuk generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.


Hambali berharap dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini ada keseimbangan dalam penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan.


“Kami sangat mengapresiasi Prof Amir Lutfi disamping rektor UP juga merupakan tokoh serta mativator bagi kita, penuh semangat dan inovasi - inovasi, bahkan UP ini merupakan universitas yang pertama di Indonesia yang memiliki kebun Raya.” Kata Pj Bupati Kampar Hambali.


Ia menyebutkan, Alam yang hijau dan Asri Akan memberikan kesehatan tersendiri bagi kita, kegiatan ini merupakan Terobosan yang sangat bagus, berada di alam dengan cuaca yang sejuk.


Hambali juga mengatakan ditengah pudarnya kepedulian terhadap alam dan lingkungan dan mengucapkan terima kasih kepada DLH Kampar, tokoh dan insan peduli alam, Forkopimda Kampar, LSM, komunitas, pengusaha, mantan para kadis DLH Kampar, Camat, Kepala Desa serta organisasi dalam Penyelamatan lingkungan maupun kementerian LHK yang telah meberikan bantuan bibit dalam penyelematan alam ini.


"Saat ini dunia menghadapi krisis perubahan iklim perubahan alam serta adanya polusi, kami sangat mendukung kegiatan ini, dan kami minta kepada seluruh OPD terkait dapat mensupport Kebun raya dalam penyelematan lingkungan " Himbau Hambali.


Hambali meminta tanam pohon yang sudah besar mulai dari sekarang serta jangan mudah untuk menebang karena butuh waktu yang lama untuk kembang dan ini akan merugikan kita sendiri.


Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yuricho Efril S.STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada hari ini bersempena Peringatan Hari Lingkungan Hidup kita melakukan penanaman sebanyak 1000 Pohon di Kebun Raya Universitas Pahlawan Bangkinang.


“Kita Laksanakan disini karena Kepedulian UP Bangkinang Terhadap penyelematan lingkungan kami sangat mengapresiasi terutama yang berada di komplek Kebun Raya Universitas Pahlawan Bangkinang" Kata Yuricho Efril S.STP.


Yuricho menekankan tentang bagaimana komitmen bersama dalam menjaga kelestarian, tumbuh-tumbuhan dan hewan didalamnya.


“Kita melaksanakan kegiatan di Universitas Pahlawan ini atas dukungan dan support dari UP yang sangat peduli dalam Penyelamatan dan kelestarian serta pembudidayaan alam " Kata Yuricho Efril.


Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa pohon produktif yang ditanam di Kebun Raya Universitas Pahlawan ini diantaranya Alpukat, Matoa, Tranbesi, Petai, Sirsak, Nangka, Rambutan, Gmelina.”Tutup Yuricho Efril.


Sementara itu Rektor UP Prof Dr Amir Lutfi menyampaikan peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia ini di adakan di Kebun Raya Universitas Pahlawan Bangkinang, ini sangat membanggakan bagi semua.


“Lingkungan ini Kebun Raya Universitas Pahlawan bertekad untuk menjaga alam dari kerusakan Alam dan ini merupakan satu-satunya Universitas yang memiliki kebun raya yang dapat dimanfaatkan bagi penelitian dan Edukatif.” Kata Amir Lutfi.


Ia menyebutkan dukungan Pemkab Kampar dan seluruh elemen masyarakat sangat penting untuk Menjaga alam sebagai sumber kehidupan dan sumber mata air kami komitmen Agar hutan tetap terpelihara dengan baik, ucapan terima kasih kepada Pemkab Kampar atas support yang luar biasa, semoga program Penyelamatan lingkungan dapat kita lakukan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kita hingga anak cucu yang akan datang.


Untuk diketahui bahwa Kebun raya ini seluas 152 Ha sementara untuk tahapan selanjutnya mempersiapkan cadangan seluas 771 ha merupakan program Yang digariskan oleh Perpres dalam bentuk kebun Raya, keterlibatan universitas sudah di tuntut dalam memberikan perhatian Dan kepedulian terhadap lingkungan.”Tutup Amir Lutfi. (Rus)