Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Sabtu, 01 Juni 2024, Juni 01, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-01T08:40:08Z
DUMAI

Pj Bupati Kampar Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 Di Kota Dumai, Presiden RI Jokowi Jadi Inspektur Upacara.

 


Dumai - Suaradaerahnews.com

Pj Bupati Kampar H Hambali SE, MBA, MH Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Kota Dumai yang hadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat negara, Gubernur serta Bupati/Walikota Se Indonesia di lapangan Pertamina Blok Rokan Kota Dumai. Sabtu, 1/6/24.



Pada Upacara tersebut Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dengan menggunakan baju adat melayu teluk belanga berwarna hitam bercorak kuning keemasan, berselendang berwarna kuning serta memakai tanjak, sedangkan Komandan Upacara Direskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira.


Pj Bupati Kampar yang juga sebagai datuok Rajo Limbago pada acara tersebut memakai baju adat kebesaran Kampar, begitu juga seluruh peserta upacara memakai baju adat masing-masing daerah.


Sebelumnya pelaksanaan Upacara, Jokowi menyapa dan menyalami seluruh pejabat yang hadir baik itu Gubernur maupun Bupati/Walikota termasuk Pj Bupati Kampar H Hambali SE, MBA, MH di tenda kehormatan. 



Tampak hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didapuk jadi petugas pembaca Pancasila dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti jadi petugas pembaca Pembukaan UUD 1945.


Dalam pidatonya, Jokowi berpesan agar semua pihak memperkokoh bangsa dan bekerja sama membangun ekonomi nasional. Dengan panduan Pancasila, menjadikan Indonesia tetap kokok dan mandiri, berdikari membangun ekonominya, termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor.


“Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat kita. Juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk lokasi upacara peringatan hari lahir Pancasila.” Jokowi.


Dia menuturkan, setelah saham mayoritas Freeport diambil alih, Indonesia kemudian berhasil mengambil alih Blok Rokan yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia. 


“Saya mendapat laporan tadi pagi dari Pertamina bahwa produksi di blok Rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari ini. Lebih tinggi dari saat dikelola oleh Chevron dan merupakan 25% dari seluruh produksi nasional Indonesia.”kata Jokowi lagi.


Jokowi menegaskan Freeport dan blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk  mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional. Berdiri di atas kekuatan kita sendiri.(Amanah)