Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Selasa, 11 Juni 2024, Juni 11, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-11T01:38:25Z
PASAMAN

KAPOLRES PASAMAN MASiH MENGECEK LOKASI Masalah Tambang Emas Ilegal Bukit Belimbing dan Bukit Lintang Bonjol

 


Pasaman - Suaradaerahnews.com

Kapolda sumatra Barat IRJEN POL. SUHARYONO S. I.K SH. Mengatakan melalui WA pada awak Media dini hari. bahwa KAPOLRES PASAMAN MASIH MENGECEK LOKASI DiLAPANGAN TEGAS KAPOLDA. 


Tambang Emas ilegal dibukit lintang dan bukit belimbing Bonjol pasaman mengakibatkan kerusakan hutan yang sangat parah sekali.

Semua itu akibat dari penggolohan tambang emas  di jorong tanjung bunggo bonjol dimana Limbahnya sangatlah merusak lingkungan, sehingga aliran anak sungai dan sungai menjdi tercemar.  


Dan akibat pembuangan Limbah Pengolahan yang tidak terkoordinir dengan baik menjadi membuat air sungai tidak lagi bisa di mamfa'atkan oleh masyarakat banyak sebagai mana layaknya. 

Pada 26/5/2024 Salah seorang ibu rumah tangga di  bonjol yang tidak mau untuk di sebutkan namanya dengan lantang dan bercampur sedih mengatakan bahwasanya air limbah pengolahan emas Ilegal yang mengalir ke Sungai dan kolam kami itu mengakibatkan matinya ikan kami satu kolam. Sehingga sampai saat ini sangat merugikan kami, dimana Ikan gurami kami mati satu kolam, dan sekarang kolam kami tidak bisa lagi digunakan seperti dulu.


 Itulah yang kami alami semenjak pengolahan emas Ilegal yang ada di tanjung bunggo bonjol pasaman. 

Di minta pada dinas terkait yakni lingkungan Hidup kabupaten pasaman Untuk bisa berperan aktif sebagaimana Tupoksinya dan juga penegak hukum untuk bisa manindak tegas pengolahan emas yang ada di tanjung bunggo bonjol tersebut. 

Dan kepada Polhut serta KSDA agar bisa menindak lanjuti kegiatan tambang Emas ilegal tersebut yang sangat berdampak buruk. 


Salah seorang tokoh bonjol berinisial KF mengatakan kami sudah mulai takut tinggal di Bonjol ini, Karena apabila hujan datang satu jam saja, Bonjol sudah dilanda banjir semua, sehingga kami masyarakat yang menerima lansung akibat banjir tersebut dikarenakan penebangan hutan dan tambang emas ilegal dibukit balimbing dan bukit lintang Bonjol.


.

KF juga mengatakan penambangan emas ilegal itu juga mengunakan gas elpiji tiga kilo dalam lubang tersebut, Pada hal Gas elpiji tiga kilo tersebut adalah Seharusnya untuk konsumsi kebutuhan rakyat miskin yang disubsidi negara. 

Namun di pakai untuk memecah batu tambang  Emas ilegal di bukit balimbing dan bukit lintang di bonjol ucap KF. (Zamrefdy k)