Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Jumat, 07 Juni 2024, Juni 07, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-07T14:13:54Z
PRINGSEWU

Hadir di Sarasehan Komunitas Tosan Aji, Adi Erlansyah Ingin Terus Lestarikan Seni Budaya

 


Pringsewu -Suaradaerahnews.Com  

Bakal Calon Bupati Pringsewu Adi Erlansyah melakukan pertemuan Sarasehan Komunitas seni dan budaya Paguyuban Pelestari Tosan Aji (Pataji) Kalacakra dengan masyarakat Ambarawa dalam rangka kegiatan Susur Desa Dengan Sedekah Ilmu. 


Kegiatan itu dilaksanakan di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, Jumat (7/6/2024). 


Bapak Adi Erlansyah didampingi Ibu Nana Adi Erlansyah bersama rombongan. Kali ini, Susur Desa Sedekah Ilmu bersama komunitas seni budaya benda pusaka keris. 


Susur Desa Sedekah Ilmu ini dilaksanakan setiap hari Jumat untuk masyarakat berdaya, pringsewu sejahtera. 


Dalam kesempatan itu, Adi Erlansyah menyampaikan bahwa ini adalah upaya konstruktif dalam rangka meneruskan budaya nasional. 


"Kelestarian budaya ini menjadi kewajiban kita pemerintah bersama masyarakat untuk pelestarian seni budaya," kata Adi Erlansyah. 


Menurutnya, untuk kesenian budaya Kuda Kepang itu orang tahunya pasti di Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. 


"Termasuk Keris ini juga. Maka dengan acara sarasehan seperti ini biar masyarakat tahu. Ini juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat, yakni dengan Susur Desa Sedekah Ilmu," kata Adi Erlansyah. 


Program ini diharapkan akan terus berkembang, Adi Erlansyah juga mengatakan sebelumnya sudah ada kegiatan Sablon untuk pemuda-pemudi, kemudian pelatihan MUA (Make Up Artis) ibu-ibu. 


"Keterampilan MUA itu bisa bermanfaat untuk ibu-ibu. Dan itu bisa dikembangkan," kata dia. 


Adi Erlansyah juga menginginkan Kabupaten Pringsewu menjadi pusat untuk Sablon. Kemudian komunitas potong (cukur) rambut. "Kenapa tidak di Kabupaten Pringsewu ini kita kembangkan," ucapnya. 


Ia mengatakan, untuk seni budaya ini mungkin belum terlalu dilirik dan diperhatikan pemerintah. 


"Maka kedepan, saya sangat berkeinginan Pringsewu ini seni budaya-nya terus dilestarikan," harapnya. 


"Kedepan komunitas ini bisa berkembang. Kita bisa bangun pusat seni budaya disana. Kedepan mudah-mudahan ini bisa terwujud dan berkembang dengan baik," sambung Adi Erlansyah. 


Menurut Adi Erlansyah, bahwa program ini akan terus dikembangkan. "Maka apa yang jadi hambatan itu harus kita carikan solusi bersama. Maka dengan kegiatan-kegiatan sarasehan seperti ini bisa dipecahkan," kata dia. 


Menurutnya kedepan, ketika ia dipercaya menjadi Bupati Pringsewu periode 2024-2029, selain kegiatan pemberdayaan masyarakat maka pelestarian seni budaya ini akan terus dikembangkan. 


Kegiatan itu juga tambah sejuk dengan alunan sholawat Nabi Muhammad SAW oleh komunitas seni budaya Pataji (Pelestarian Tosan Aji) Kalacakra. 


Ketua Pataji Kalacakra Gunis, mengatakan, Bapak Adi Erlansyah kedepan akan kami support, karena kedepan museum untuk benda-benda  pusaka harus terus dilestarikan. Kedepan pemerintah Daerah bisa memberikan tempat untuk benda-benda pusaka ini. 


"Sehingga ini bisa memajukan ekonomi kerakyatannya. Selain UMKM juga bisa datangkan investor untuk berinvestasi di Pringsewu," kata Gunis. 


Ia juga mendoakan Bapak Adi Erlansyah memimpin Kabupaten Pringsewu periode  2024-2029.


"Jika beliau ditakdirkan oleh Allah SWT jadi Bupati Pringsewu, maka kita akan lebih berimbas kepada kita, perekonomian kita meningkat. Pelestarian seni budaya semakin berkembang," kata dia.(Wik)