Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Jumat, 21 Juni 2024, Juni 21, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-21T07:30:47Z
KAMPAR

Desa Kuntu Masuk Desa Bebas Api, Pj.Bupati Kampar Hambali Tanda Tangani Kerjasama Dengan PT RAPP, Hambali Himbau Jangan Buka Lahan Dengan Membakar.

 


Pelalawan - Suaradaerahnews.com

Pj. Bupati Kampar H.Hambali SE,MBA,MH Lakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Program Desa Bebas Api tahun 2024 antara PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bersama 3 desa Satu diantara masuk di Kabupaten Kampar Yakni Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri dan dua Desa di Kabupaten Pelalawan yakni Desa Lubuk Kembang Bungo dan Desa Air Hitam, penandatangan ini diadakan di Ruangan Pertemuan Hotel Unigraha Kerinci Kabupaten Pelalawan (20/6/2024)


Turut hadir pada acara MoU Program Desa Bebas Api bersama PT. RAPP tersebut, Bupati Pelalawan H.Zukri beserta Jajaran dan Forkopimda Pelalawan, Direktur PT RAPP Mulia Nauli, Dandim 0313 /KPR Letkol Setiawan Adi, Kapolres Kampar yang diwakili Kabag Ops Kompol Maitertika, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP, Kalaksa BPBD Kampar Drs.Agustar M.Si, serta Camat Kampar Kiri Marjanis SE dan Kepala Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri. 



Pada acara tersebut Pemerintah Kabupaten Kampar juga menerima reward dari PT.RAPP untuk pembangunan infrastruktur Desa Kuntu sebanyak 100 juta yang di terima Pj.Bupati Kampar H.Hambali SE.MBA,MH


Dalam sambutannya Pj Bupati Kampar Hambali SE,MBA,MH menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya acara penandatangan Kerjasama Program Desa Bebas Api tahun 2024 yang telah di taja oleh PT. RAPP dengan harapan kegiatan ini dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar.


"Kepada perusahaan PT.RAPP yang beroperasi di Kabupaten Kampar kami Himbau untuk tidak membakar hutan secara liar dan ikuti prosedur - prosedur untuk membuka lahan dan Mari kita sayangi alam kita khususnya di Kabupaten Kampar.”pinta Pj.Bupati Kampar Hambali


Selain itu,Pj Bupati Kampar Hambali SE,MBA,MH memberikan apresiasi kepada PT. RAPP yang telah berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melalui program desa bebas api. Apalagi program RAPP ini, sangat terbukti ampuh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan upaya antisipasi pencegahan kebakaran lahan.


“Saya berharap agar program tersebut dapat terus berlanjut untuk menciptakan Kabupaten Kampar bebas karhutla., begitu kepada masyarakat dan seluruh perusahaan yang beroperasi di Kampar agar jangan membuka lahan dengan cara membakar ”ucap Hambali


Pj. Bupati Kampar memaparkan dengan situasi dan kondisi yang sudah menghadapi musim kemarau khususnya mulai bulan Juli hingga Oktober mendatang merupakan bulan yang rawan terjadinya kebakaran lahan.


Hal ini perpegalaman dari tahun-tahun sebelumnya, disaat musim kemarau selalu terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan yang banyak merugikan baik berupa asap maupun kerusakan alam itu sendiri. Oleh karena itu beliau berharap kesiapsiagaan dan kesigapan dari seluruh stakeholder agar tidak terjadinya kebakanan lahan dan hutan.


Sementera itu,Direktur PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Mulia Nauli menyampaikan penandatangan kerjasama Program Desa Bebas Api di Kabupaten Kampar merupakan bukti dari komitmen PT. RAPP dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui keterlibatan masyarakat dan para pihak untuk mencapai zero fire.


Program Desa Bebas Api ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dan pada tahun 2024 ini, program Desa bebas api ini kembali dilanjutkan dengan melibatkan 42 Desa dengan cakupan mencapai 902.000an hektar yang telah berpartisipasi.


Sebelumnya Pj Bupati Kampar berkesempatan melakukan peninjauan pabrik kertas PT. RAPP.(Rus)