Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Kamis, 27 Juni 2024, Juni 27, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-27T14:14:41Z
PASAMAN

Bupati Pasaman Sabar AS Resmi Buka MTQ Ke-51 Tahun 2024 Tingkat Nagari Taruang Taruang

 


Pasaman - Suaradaerahnews.com

Disambut meriah oleh ratusan masyarakat Nagari Taruang Taruang, Bupati Pasaman Sabar AS secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-51 Tahun 2024 Tingkat Nagari Taruang Taruang di halaman Kantor Wali Nagari Taruang Taruang Kecamatan Rao Kabupaten Pasman, Kamis (27/06/2024)


Turut hadir dalam acara tersebut  Kepala OPD, Camat Rao, Muspika Kecamatan Rao, Wali Nagari se Kecamatan Rao, Tokoh Masyatakat, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan para undangan lainnya. 


Bupati Sabar AS mengatakan bahwa salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an. 


"MTQ ini momen yang sangat strategis untuk membentuk manusia yang berimtaq dan menciptakan generasi qur’ani yang unggul dan berdaya saing dimasa depan. Dan ini merupakan implemtasi dari misi peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui program prioritas 'Pasaman berimtaq' untuk terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat. 


Gerakan bersama harus kita tingkatkan, terus lakukan pembinaan terhadap anak anak kita, bentuk kepribadian karakter qurani, bentuk generasi rabbani, generasi berakhlak dan generasi berprestasi, generasi yang unggul di masa depan dalam menghadapi pengaruh kenakalan remaja, penggunaan gadget, pengaruh narkoba, LGBT dan penyakit sosial lainnya. 


"MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Nagari untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Quran," ucap Sabar AS. 


Tak lupa pula, Bupati Pasaman Sabar AS menyampaikan sejumlah program yang tengah dan akan dilanjutkan pembangunanya di Kabupaten Pasaman. 

"Pembangunan itu berproses, butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Jika program berganti akibat kebijakan berbeda oleh si pengambil kebijkan yang berbeda, maka program-program yang sudah dimulai, akan putus di tengah jalan dan tidak akan pernah tuntas,"  Katanya. 


"Program pembangunan Pasaman seperti Pendidikan gratis dan Pengobatan gratis, Pasaman Berimtag serta peningkatan ekonomi melalui pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan, maupun pembangunan infrastruktur/jalan secara bertahap, adalah program yang berdampak langsung dan bermanfaat besar bagi masyarakat. Program ini akan kita teruskan ke depannya. 


Pada kesempatan tersebut Sabar AS juga berpesan kepada para peserta MTQ agar tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Quran, dan kepada panitia untuk memberikan penilaian yang objektif kepada para peserta.


Wali Nagari Taruang Taruang M. NAIM  mengucapkan terimakasih kepada seluruh Perangkat Nagari, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat dan lapisan masyarakat Nagari Taruang Taruang atas peran sertanya untuk memeriahkan kegiatan MTQ yang hal ini tentu selaras dengan tema kegiatan kita yakni mewujudkan anak nagari yang islami dan cinta Al-Quran.


Sepatah kata dari Tokoh masyarakat Nagari Taruang Taruang H. Jusman mengucapkan selamat datang kepada Bupati Pasaman beserta rombongan dan ucapan terimakasih atas meluangkan waktu untuk hadir dalam acara pembukaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-51 Tahun 2024 Tingkat Nagari Taruang.


Rajab sebagai ketua pelaksana MTQ ke 51 Tingkat Nagari Taruang Taruang mengatakan bahwa ada 5 cabang yang di perlombakan, diantaranya Cabang Tilawah (Putra/Putri) mulai dari Tingkat Anak-anak sampai Tingkat Dewasa, Cabang Tartil (Putra/Putri) mulai dari Tingkat Anak-anak sampai Tingkat Dewasa, Cabang Syahril Quran dan Khutbah Jum'at, cabang Tahfidz (Putra/Putri) dan cabang Kaligrafi (Putra/Putri).


Kepada peserta pemenang MTQ juara I, II dan III disetiap cabang lomba akan diberikan hadiah berupa Piala, Piagam dan uang pembinaan. (Zamrefdy k)