Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Selasa, 14 Mei 2024, Mei 14, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-14T12:55:39Z
PEKANBARU

Pj Wako Pekanbaru Tegaskan Rangkaian PPDB Tidak Dipungut Biaya

 


PEKANBARU - Suaradaerahnews.com

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Pekanbaru Muflihun, menegaskan bahwa rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tidak ada pungutan biaya apa pun (gratis). Ia mengingatkan sekolah negeri jangan sampai memungut biaya saat proses PPDB berlangsung. 


Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mesti memastikan tidak ada pungutan biaya selama PPDB. "Dinas pendidikan saya ingatkan agar PPDB tidak ada pungutan. Rangkaian PPDB di sekolah negeri itu gratis," tegasnya.


Muflihun berulang kali mengingatkan agar jangan sampai ada pungutan biaya bagi calon peserta didik baru. Ia mengaku tidak segan menjatuhkan sanksi kepada sekolah negeri yang kedapatan memungut biaya pendaftaran saat PPDB.


"Kita ingatkan jangan dipungut uang bagi para calon peserta didik baru, tentu bisa memberatkan," terangnya.


Ajang PPDB pada tahun ajaran baru ini jangan sampai menjadi ajang mencari uang. Ia menegaskaskan bahwa rangkaian PPDB berlangsung secara gratis.


Apabila memang ada pungutan tentu sudah masuk dalam pungutan liar atau pungli. Ia mengaku siap menerima laporan terkait adanya pungli selama PPDB berlangsung nanti.


"Kalau kedapatan tentu nanti bakal ditindak, kita ingin peserta didik nyaman saat mendaftar. Jangan sampai diberatkan oleh pungli," paparnya.


Rangkaian PPDB di Kota Pekanbaru berlangsung pada Juli 2024 mendatang. Jalur penerimaannya ada empat yaitu jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur pindah orangtua (Amanah)