Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Selasa, 05 Maret 2024, Maret 05, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-20T10:09:30Z
PASAMAN

Tingkatkan Peran Dasa Wisma, Sabar AS Tingkatkan Produk Unggulan Nagari



Pasaman - Suaradaerahnews.com
Tingkatkan peran Dasa Wisma ditengah masyarakat, Bupati Pasaman Sabar AS canangkan Bulan Bhakti Dasa Wisma tingkat Kabupaten Pasaman ke VIII di Halaman Kantor Camat Rao selatan, Selasa 05/03/2024.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh Dasa wisma dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Pasaman termasuk pengurus TP PKK kabupaten Pasaman, kecamatan, nagari dan ke jorongan.

Dalam laporannya ketua pelaksana kegiatan Bulan Bhakti Dasa Wisma ke VIII kabupaten Pasaman Fitriani Amd menjelaskan, Bulan Bhakti Dasa wisma yang diselenggarakan kali ini, mengangkat tema, melalui pencanangan bulan Bhakti Dasa Wisma kita optimalkan peran dan fungsi kelompok Dasawisma dan lembaga kemasyarakatan dalam pembangunan nagari di kabupaten Pasaman.

Fitriani juga menjelaskan, tujuan umum dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan kesadaran kegotong royongan dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Tujuan khusus adalah meningkatkan kemauan dan kemapanan ketua kelompok dasa wisma dalam pendataan dan pencatatan, pelaporan, pembinaan dan penggerakan warga untuk melaksanakan 10 program PKK.

Demikian halnya disampaikan oleh Ketua TP PKK Ny.Denny Sabar AS pada kegiatan tersebut menyebutkan, dimana untuk kegiatan Galeri Pelangi serta pendataan UP2K merupakan kegiatan yang serentak dilaksanakan Pokja 2. Kemudian kegiatan yang di fasilitasi oleh Pokja 3 yaitu pelaksanaan bulan bakti kelompok dasawisma di mulai sejak tahun 2017.

Pada tanggal 7 maret 2024 akan datang kita mengikuti pencanangan bulan bakti dasawisma tingkat provinsi Sumatra Barat di canangkan oleh Gubernur provinsi Sumatra Barat di kabupaten agam, namun hari ini kita melaksanakan pencanangan di kabupaten pasaman di iringi oleh kecamatan dan nagari, terang Denny Sabar AS.

Demikian juga halnya dengan kegiatan yang di laksanakan oleh sekretaris diantaranya, membentuk seluruh dasawisma 100% di nagari yang di SK kan oleh wali nagari masing masing selanjutnya melengkapi buku ADM dasawisma kemudian menyusun jadwal kegiatan selama bulan bakti dasawisma.

Disamping itu bagi kecamatan menetapkan 1 dasawisma percontohan tingkat kecamatan dan mengklasifikasikan dasawisma di masing masing kecamatan dan nagari, pada bulan maret PKK bersiap siap untuk di nilai gerakan PKK nya oleh TP.PKK provinsi sumatra barat di wakili oleh pemenang 1 tingkat kabupaten Pasaman dalam hal ini akan di wakili oleh Nagari languang kecamatan Rao Utara, nagari Simpang Tonang Selatan Kecamatan Duo koto Nagari Panti Kecamatan Panti.

Secara serentak melaksanakan kegiatan di fasilitasi oleh pokja 1 yaitu kegiatan berhubungan dengan pembangunan dan pembinaan pola asuh anak di era digital.
Pembinaan ini bertujuan supaya anak anak terhindar dari narkoba, pornografi dan kekerasan seksual. ungkap Denny Sabar AS.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan, kegiatan Bulan Bhakti Dasa Wisma ini sangat penting dilaksanakan, mengingat Dasa wisma merupakan garda terdepan dari TP PKK dalam melaksanakan program Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman.

Terkait Produk kerajinan dilaksanakan kelompok dasa wisma ataupun kelompok UMKM di nagari, seperti Anyaman, Makanan berupa kemasan dan kerajinan lainnya, atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan apa yang telah dilanjakukan oleh kelompok UMKM ini.

Kita yakin Produk yang dihasilkan tidak lah kalah bersaing dengan yang ada di Pasaran, ini patut kita tingkatkan, sehingga produk tersebut bisa jadi unggulan kabupaten Pasaman. disamping itu, dengan adanya Produk Kuliner yang berkualitas nanti nya akan dapat mendukung peningkatan sektor Pariwisata saat ini gencar dilaksanakan, untuk menjadikan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata baik lokal maupun manca negara.

Hal tersebut disampaikan Sabar AS, ketika meninjau Bazar Kuliner hasil UMKM tingkat kecamatan se kabupaten Pasaman pada kegiatan Bulan Bhakti Dasa Wisma di Rao Utara.

Pada kegiatan yang sama juga diselenggarakan penyerahan tropi dan hadiah untuk juara Dasa Wisma tingkat Kabupaten Pasaman oleh Bupati Pasaman, serta penyerahan bibit cabe rawit kepada kelompok dasa wisma oleh Ketua TP PKK Pasaman.

Turut juga hadir, Ketua TP PKK Pasaman Ny.Denny Sabar AS, Ketua DWP Pasaman Ny. Neni Yasri Uripsyah, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Pasaman, Wali Nagari, Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan, Nagari, Baznas Pasaman, Pimpinan Bank, Tokoh Masyarakat dan ratusan kader PKK beserta Dasa Wisma.(Zamrefdy.k)