Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Kamis, 28 Maret 2024, Maret 28, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-28T07:35:15Z
ROKAN HULU

Bupati H. Sukiman Hadiri Kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Umum di Kejari

 


Rokan Hulu - Suaradaerahnews.com

Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hulu (Rohul) musnahkan barang bukti dari berbagai bentuk perkara tindak pidana umum (Pidum) yang telah berkekuatan hukum tetap. Pemusnahan dilaksanakan di halaman kantor Kejari, Selasa (19/03/2024).

 

Hadir pada agenda pemusnahan BB Pidum ini Bupati H. Sukiman didampingi Kajari Fajar Haryowimbuko,S.H., M.H, Kapolres AKBP Budi Setiyono, S.I.K., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian Rony Suata, S.H.,M.H, dan yang mewakili Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian.

 

Tampak  Kasi Pidum, Pidsus, Intelejen, Kasubagbin dan para jaksa Kejari Rohul, ada juga Kepala Kesbangpol Suharman Nasution, dari yang mewakili Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dari LAMR setempat serta undangan lainnya.

 

 

Dari data Kejari Rokan Hulu, BB Pidum yang dimusnahkan hari ini terdiri dari : BB Sabu dari 42 Perkara sebanyak 976.75 gram, Daun Ganja Kering 3 perkara sebanyak 9.350.13 gram, Pil Extasy dari 1 Perkara sebanyak 2.30 gram.

 

"Kemudian Baju ,celana,  Kaos, Tas, Pisau, Jeregan, Minuman Alkohol dll 29 kasus, 2218 botol,  kayu tas , keranjang, egrek, Tojok, Obeng dll 33 Perkara," kata Kasi Barang Bukti Kejari Rokan Hulu. 


Kajari Fajar Haryowimbuko mengatakan, dari seluruh BB Pidana Umum yang di musnahkan, terbanyak kasus narkotika atau narkoba. Ada 50-60 persen penyalahgunaan Narkotika, sabu dan ganja masing-masing hampir 1 kilogram ada juga extasy, yang diungkap oleh Jajaran Polres Rokan Hulu.


"Tingginya penyalahgunaan Narkotika atau narkoba ini dan untuk bisa kita bersama-sama dengan masyarakat dalam pencegahan, selain sosialisasi, penegakan hukum, diharapkan Pemkab Rokan Hulu kembali mengaktifkan kepengurusan Badan Narkotika Kabupaten (BNK). Karena penanganan pelaku narkotika atau  narkoba bersamaan dengan dilakukannya rehabilitasi kepada mereka para pengguna juga melalui BNK," Kata Fajar, Kajari Rokan Hulu.

 

Lebih lanjut Kajari Fajar Haryowimbuko mengapresiasi prestasi serta komitmen jajaran Polres Rokan Hulu dalam pengungkapan kasus dan memberantas pelaku narkotika, Narkoba di wilayah negeri seribu suluk, apa lagi saat ini dalam suasana bulan suci Ramadhan.

 

"Dari BB Narkotika atau Narkoba yang dimusnahkan hari ini, Jajaran Polres Rohul dibawah pimpinan AKBP Budi Setiyono sudah menyelamatkan kurang lebih 3 Ribu orang generasi penerus bangsa kita Indonesia,' ujar Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hulu menjawab wartawan.

 

 

Sementara itu Bupati Sukiman juga mengapresiasi mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Rohul dalam pengungkapan dan pemberantasan pelaku narkotika Narkoba di wilayah kabupaten Rokan Hulu, sehingga Barang Buktinya dimusnahkan di halaman Kejaksaan Negeri Rokan Hulu.

 

"Dengan dimusnahkannya barang bukti berupa narkotika, dan pidana umum lainnya ini, juga merupakan salah satu upaya dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan Narkotika Narkoba ditengah masyarakat, selain dengan penegakan hukum serta sosialisasi yang juga terus dilakukan hingga ke desa, kelurahan," tutur Bupati Sukiman.

 

"Selain itu juga untuk menciptakan suasana yang harmonis hingga situasi yang aman dan kondusif apa lagi suasana bulan suci Ramadhan 1445 Hijiriah," kata Sukiman menambahkan. **(FWS)