Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Kamis, 01 Juni 2023, Juni 01, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-01T05:13:11Z
KAMPAR

Ikuti Upacara Lahirnya Pancasila Bersama Presiden RI Melalui Virtual,. Pj. Bupati Kampar : Maknai Nilai-Nilai Yang Terkandung Di Dalam Pancasila


Bangkinang Kota - Suaradaerahnews.com

Dalam Rangka Peringatan Lahirnya Pancasila 1 Juni 2023, Pj. Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE, MM ikuti Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila secara Nasional melalui Virtual bertempat di Aula Balai Bupati Kampar, Kamis (1/6). Karena hujan melanda Kota Bangkinang pada pagi ini di alihkan ke Balai Bupati Kampar yang sebelumnya dengan persiapan yang sudah lengkap. 


Kegiatan ini juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kampar, Pj. Sekda Kampar Ir. Azwan, MSi, Para Staf Ahli Bupati Kampar, Para Asisten, seluruh Pimpinan OPD Di Lingkungan Kabupaten Kampar, beserta pejabat eselon II dan III hadir dalam Zoom Meeting tersebut.


Pj. Bupati Kampar bersama peserta Zoom Meeting lainnya secara Khidmat ikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila secara Virtual dan mendengarkan Pidato Presiden RI Joko Widodo.



Pancasila telah menjadi tolok ukur dan pedoman yang sudah tidak bisa ditawar, ini setelah digali dan lahir dari kesepakatan para tokoh pendahulu kita yang lahir di bumi Indonesia menjadi Konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua Bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius Bangsa Indonesia. Dengan Demikian, Pancasila Bukanlah Wacana Belaka, Melainkan Realitas Obyektif Dengan Legitimasi Kuat Baik Secara Filsafat, Politis, Historis Maupun Kultural.


Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila       sebagai       pegangan      dalam Kehidupan sehari-hari. 


Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa indonesia. Demikian kutipan dari pidato President RI.


Setelah mengikuti upacara secara virtual, Pj. Bupati Kampar berkenan lakukan sesi wawancara mengenai Peringatan Hari Lahir Pancasila ini.


" Dengan Hari Lahirnya Pancasila ini hendaknya dapat kita maknai seluruh nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, karena Pancasila merupakan dasar Negara yang dapat menjadi kekuatan dalam memperkuat Pembangunan dan menjalankan seluruh Program baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah Khususnya di Kabupaten Kampar ini" demikian penekanan yang disampaikan Firdaus dalam sesi wawancaranya.


Acara dilanjutkan dengan Coffe Morning dan sarapan bersama dengan Forkopimda Kabupaten Kampar dan seluruh peserta Zoom Meeting, dan diakhiri dengan foto bersama.(Yulia)