Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

”Selamat Datang di Portal Berita Media online www.suaradaerahnews.com, semoga setiap berita yang kami sajikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, terimakasih”
Suara Daerah News
Selasa, 16 Mei 2023, Mei 16, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-16T05:42:08Z
KAMPAR

Buka Manasik Haji, Pj Sekda Kampar ; Ikuti Dengan Sungguh-sungguh, Jalankan Ibadah Haji Sesuai yang di Ajarkan, Jaga kekompakan jangan Egois


 

Bangkinang Kota - Suaradaerahnews.com

Pj Bupati Kampar D H Kamsol MM yang di wakili Pj Sekda Ir Azwan M,Si bersama Kepala Kemenag Kabupaten Kampar H. Fuadi Ahmad, SH, MAB membuka secara langsung bimbingan Manasik Haji Calon Jama'ah Haji Kabupaten Kampar Tahun 2023 M / 1444 H. Selasa, (16/05/2023) bertempat di Misjid Al Ihsan  Markaz Islamy Bangkinang Kota.  


Dalam sambutannya Pj Sekda Kampar menyampaikan rasa berbahagia sekali, dimana pada kesempatan yang baik ini dapat bertatap muka dengan jama’ah calon haji Kabupaten Kampar tahun 2023.

 

"Suatu kebahagiaan yang sangat dinantikan oleh para kaum muslimin, bila ia dapat melaksanakan ibadah haji terutama jamaah haji tahun ini kerena sudah tertunda 3 tahun akibat pandemi covid 19. Ibadah haji memiliki nilai yang sakral, kiranya sangat wajar kalau setiap kaum muslimin sangat merindukannya." Ucap Azwan 


Pelayanan calon haji setiap tahunnya adalah pelayanan yang terkoordinasi dibawah koordinator urusan haji kabupaten yaitu pemerintah daerah kabupaten kampar. Dan pada tahun ini kita juga memberikan bantuan dana kepada jama’ah haji kab. Kampar yaitu biaya transportasi dari bangkinang ke pekanbaru dan dari pekanbaru ke bangkinang (saat pemulangan) serta bantuan dana untuk kegiatan manasik haji yang kita laksanakan hari ini. 


"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran instansi yang terkait atas kerja samanya memberikan pelayanan administrasi, kesehatan, pembekalan berupa manasik haji dan perbekalan lainnya terhadap jama’ah calon haji, pemerintah setiap tahun berupaya untuk menyempurnakan prosedur pelayanan dan penyelenggaraan haji ini demi kemandirian, kemudahan dan kenyamanan dalam menunaikan ibadah haji." Tuturnya 


Pj Sekda Kampar Azwan menghimbau agar seluruh calon jama'ah memanfaatkan waktu yang ada untuk terus mempelajari dan mengkaji ilmu manasik haji yang diperoleh, karena rangkaian ibadah haji juga dipenuhi dengan aktivitas doa, untuk itu, pelajari setiap doa dengan baik dan benar serta pahami pula makna yang terkandung, sehingga semakin bernilai di mata Allah SWT.  


Azwan berpesan agar para calon jemaah senantiasa menjaga kesehatan tubuh, karena hampir seluruh tahapan dalam pelaksanaan jemaah haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kesehatan prima agar seluruh tahapan ibadah tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar. Tutupnya 


Sementara itu Kepala Kemenag Kampar Fuadi Ahmad menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah pembukaan secara resmi kegiatan manasik haji dan merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan pembekalan Calon Jama'ah Haji.  


Fuadi menambahkan "melalui manasik para jemaah akan melatih diri dan melakukan penyesuaian, dan diberikan gambaran mengenai lokasi yang akan dimasuki saat ibadah haji nantinya." Ujarnya.  


Calon Jamaah Haji Kabupaten Kampar yang mengikuti bimbingan Manasik haji ini berjumlah 806 orang. 


Acara ini dihadiri oleh Asisten I Sekda Kampar Ahmad Yuzar, Kabag Kesra Yurnalis, Dan seluruh jemaah calon.(Seriana)